Abstrak: Persaingan dalam dunia bisnis di seluruh dunia semakn tinggi dan semakin ketat, setiap perusahaan senantiasa berusaha untuk mendapat pangsa pasar yang setiap harinya akan selalu bertumbuh. Bisnis dan pasar ritel merupakan suatu bisnis dari suatu daerah yang menjual barang eceran khususnya menjual barang pribadi kepada konsumen tanpa menjual kembali kepada orang lain. Setelah diperkenalkan pertama kali di Indonesia pada kurun 1970-an, ketika ini terdapat tiga jenis pasar modern yakni Minimarket, Supermarket, dan Hypermarket. hal ini berlaku pada perusahaan ritel yaitu Multi*Mart. Strategi pemasaran yang baik merupakan alat untuk menciptakan perusahaan akan tetap unggul dari pada pesaingnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui taktik apa saja yang dipakai perusahaan untuk mencapai keunggulan bersaing khususnya di kota Manado. Jenis penelitian yang dipakai yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian mengambarkan taktik pemasaran yang dipakai Multi*Mart sanggup meningkatkan volume penjualan dengan tetap menjunjung tinggi semboyan “Kami Memang Beda” serta dengan menunjukkan kartu member. Usaha meningkatkan keunggulan bersaing sebaiknya pimpinan Multi*mart sanggup memperhatikan produk-produk apa saja yang tidak terjual di gerai Multi*Mart Ranotana, sehingga sanggup meningkatkan peluang perusahaan.
Kata kunci: penerapan strategi, taktik pemasaran, keunggulan bersaing
Penulis: Rivo Monigir, Silvya L. Mandey, Imelda W. Ogi
Kode Jurnal: jpmanajemendd161406
Tidak ada komentar:
Posting Komentar