Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui efek tanggung jawab sosial perusahaan terhadap terhadap word of mouth yang dimediasi oleh kepercayaan pelanggan Carrefour Amplaz Yogyakarta. Teknik analisis yang dipakai yaitu analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menemukan bahwa: (1) tanggung jawab sosial besar lengan berkuasa konkret terhadap word of mouth dengan nilai regresi sebesar 0,348 dan tingkat signifikansinya 0,000; (2) tanggung jawab sosial besar lengan berkuasa konkret terhadap kepercayaan pelanggan dengan nilai regresi sebesar 0,225 dan tingkat signifikansinya 0,000; (3) kepercayaan pelanggan besar lengan berkuasa konkret terhadap word of mouth dengan nilai regresi sebesar 0,370 dan tingkat signifikansinya 0,000; dan (4) tanggung jawab sosial besar lengan berkuasa konkret terhadap word of mouth dengan kepercayaan pelanggan sebagai variabel mediasi dengan nilai koefisien mediasi sebesar 0,0530 dan nilai signifikansi sebesar 0,0078.
Kata Kunci: tanggung jawab sosial, word of mouth, kepercayaan pelanggan
Penulis: Muhamad Rizqon Muttaqin
Kode Jurnal: jpmanajemendd161362