Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu 1. Apakah faktor budaya besar lengan berkuasa terhadap keputuasan pembelian makanan mie instan brand indomie, 2. Apakah faktor sosial besar lengan berkuasa terhadap keputusan pembelian makanan mie instan brand indomie. 3. Apakah faktor langsung besar lengan berkuasa terhadap keputusan pembelian makanan mie instan brand indomie, 4. Apakah faktor psikologis besar lengan berkuasa terhadap keputusan pembelian makanan mie istan brand indomie 5. Apakah faktor budaya, sosial pribadi, dan psikologis berpangaruh terhadap keputusan pembelian makanan mie instan brand indomie. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas ilmu Sosial dan Politik dan Fakultas Pertanian, teknik pengumpulan data yaitu mengunakan non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Instrument penelitian mengunakan kuesioner yang telah memenuhi syarat validitas dan relaibilitas sedangkan analisis data mengunakan analisis regresi linear berganda. Secara parsial diketahui bahwa nilai signifikan: faktor budaya sebesar 0,197, faktor sosial sebesar -0,014, faktor langsung sebesar 0,327, faktor psikologis sebesar 0,386, sedangkan secara simultan nilai signifikan sebesar 0,000. Untuk faktor Sosial ditemukan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian makanan mie instan merek Indomie. Secara simultan faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis besar lengan berkuasa terhadap keputusan pembelian makanan mie instan merek Indomie.
Kata kunci: budaya, sosial, pribadi, psikologis dan keputusan pembelian
Penulis: Mardon Nafali, Djurwati Soepeno
Kode Jurnal: jpmanajemendd161411